Gula Alternatif untuk Penderita Diabetes

Pedoman Diabetes - Menderita Penyakit diabetes merupakan hal yang menyebalkan karena tentu Anda harus pantang gula yang berlebihan, apalagi jika diabetes memiliki komplikasi hipertensi, makanan tidak boleh ditaburi gula maupun garam yang berlebihan  , Apakah ini berarti Anda harus mengucapkan good bye pada gula ataupun makanan yang mengandung gula ? tentu tidak demikian karena penderita diabetes kini memiliki alternatif lain selain gula untuk menambahkan sensasi manis pada makanan. baca juga artikel lain : obat diabetes alami

Ada beberapa pemanis buatan yang dirancang khusus unuk penderita diabetes ataupun mereka yang ingin mengurangi asupan gula murni yang tinggi kalori, kandungan indeks glikemik dan kandungan kalori yang rendah dari pemanis buatan ini sangat baik untuk ditambahkan pada makanan penderita diabetes sebagai pengganti gula.


Pengganti gula dapat berupa pemanis buatan ataupun pemanis alami, ada 13 jenis pemanis buatan yang diizinkan dan beredar di Indonesia yaitu : aspartam, acesufam-K, alitam, neotam, siklamat, sakarin, sukralosa, isomalt, xilitol, maltitol, manitol, sorbitol, dan laktitol.

Meski demikian tetap saja komsumsi pemanis buatan harus dibatasi, karena studi dan penelitian tentang pemanis buatan belum banyak dilakukan, sehingga tingkat keamanan jangka panjang dari pemanis buatan belum bisa dikatakan aman 100%.

Meskipun pemanis buatan  berkalori rendah, komsumsinya juga harus dikurangi dan diimbangi dengan pemanis alami seprti :
  • Madu
  • Sirup Maple
  • Gula Maple
  • Agave Nektar
Jadi cara terbaik untuk diet penderita diabetes dengan cara membatasi penggunaan gula atau pemanis, jadi bukan berarti dengan menggunakan pemanis buatan anda bebas mengkomsumsinya, tentu tidak demikian, anda harus bijak dalam menjaga diet gula Anda agar kadar gula dalam darah tetap terkontrol.