Tips Diet Diabetes – Menurunkan Gula Darah

Tips Diet Diabetes – Menurunkan Gula Darah - Diet memainkan peranan penting dalam mengendalikan diabetes. Diet diabetes digunakan sendiri atau dalam kombinasi dengan dosis insulin. Tujuan utama dari diet diabetes adalah untuk mempertahankan berat badan ideal, dengan memberikan gizi yang memadai bersama dengan tingkat gula darah yang normal dalam darah.

Rencana diet untuk diabetesi didasarkan pada tinggi, berat, usia, jenis kelamin, aktivitas fisik dan sifat diabetes. Sedangkan perancanaan diet, ahli gizi harus mempertimbangkan komplikasi seperti tekanan darah tinggi ( hipertensi ), kadar kolesterol tinggi.

Sehubungan dengan faktor diatas, ahli gizi akan menilai kalori yang harus diberikan, seperti karbohidrat, protein, lemak, karbohidrat jenis, jumlah serat dan sebagainya. Pergantian makanan adalah program diet yang menyeimbangkan jumlah karbohidrat yang kita komsumsi per hari.

Glukosa adalah gula dilepaskan dari karbohidrat sehingga, jika kita ingin mengontrol gula darah kita harus membatasi komsumsi karbohidrat sederhana. Karbohidrat dalam makanan diberikan sebagai nilai per porsi, yang dikenal sebagai pertukaran.

Rencana ini membantu kita untuk memutuskan pada jenis makanan yang harus diambil, jumlah makanan dan juga waktu untuk makan. Tetapi tidak ada diet yang umum yang bekerja untuk semua orang. Juga tidak ada diet tertentu yang bekerja sempurna untuk setiap diabetes selama periode yang panjang.

Tips diet diabetes kita harus mematuhi faktor penting tertentu, diantaranya adalah sebagai berikut :

  • Serat harus setidaknya 1,4 ons/hari.
  • Ganti produk roti dan makanan cepat saji dengan sereal sederhana dimasak utuh, dan tidak makan karbohidrat 2 jam sebelum tidur.
  • Mengomsumsi buah segar dan sayuran setidaknya 5 buah/hari.

Penderita diebetes selalu perlu untuk mengurus makanan mereka dan juga tentang makanan yang mereka makan. Perawatan harus diambil karena semua makanan yang mengandung tidak hanya karbohidrat, tetapi juga beberapa nilai energi.

Protein dan lemak yang tersedia dalam makanan juga diubah menjadi glukosa dalam tubuh. Glukosa ini memiliki bebeberapa efek pada tingkat gula darah yang harus diurus. Selain itu, Anda tidak perlu harus makan makanan hambar yang membosankan. Sebaliknya, Anda dapat makan lebih banyak buah-buahan, sayuran dan biji-bijian. Semua itu berarti bahwa Anda hanya perlu memilih makanan yang tinggi gizi dan rendah kalori. Jika Anda menderita diabetes, segeralah ubah menu makan Anda dan melakukan diet diabetes.( Baca juga : Mengenal Piramida Makanan Diabetes )