-->

Sunday 22 September 2013

Mengenal Piramida Makanan Diabetes

Mengenal Piramida Makanan Diabetes - Penyebab timbulnya penyakit diabetes adalah karena sebagai akibat adanya gangguan metabolisme, dimana pemanfaatan karbohidrat terutama glukosa kurang optimal.Dengan kata lain diabetes terjadi karena terjadi gangguan metabolisme karbohidrat .Sedangkan karbohidrat dihasilkan dari makanan sehari-hari yang kita komsumsi.Oleh sebab itu penderita diabetes sangat perlu mengetahui jenis-jenis makanan yang akan mereka komsumsi untuk menghindari terjadi peningkatan kadar gula darah yang tinggi.

Piramida makanan diabetes

Piramida Diabetes


Piramida Makanan Diabetes merupakan panduan umum bagi para penderita diabetes dalam memilih menu dan makanan sehat sehari-hari, dimana panduan ini dikeluarkan oleh American Diabetes Association ( ADA ) Didalam piramida makanan diabetes, makanan sehari-hari dibagi dalam enam kategori yang didasarkan atas pertimbangan kadar karbohidrat, protein dan lemak yang terdapat dalam makanan.

Dengan adanya panduan piramida makanan penderita diabetes diharapkan para penderita penyakit kencing manis mampu membuat pilihan bijaksana dalam memilih makanan yang tepat untuk membantu menyembuhkan dan mengurangi penyakit diabetes yang diderita.

Inilah piramida makanan diabetes yang membagi makanan  sehari-hari menjadi 6 kelompok adalah sebagai berikut

Biji-bijian dan Tepung

Makanan yang terbuat dari biji-bijian dan tepung terdapat di dasar piramida makanan diabetes.Kelompok makanan biji-bijian dan tepung yang banyak mengandung karbohidrat seperti beras, gandum, rye, jagung, kacang polong, kentang, kacang pinto, dan makanan lainnya yang biasa menggunakan biji-bijian masuk dalam kelompok ini.

Sayuran

Kelompok makanan sayuran ini terletak tepat diatas dasar piramida makanan diabetes.Sayuran secara alami rendah dalam konten lemak, rendah kalori dan kaya vitamin, mineral, serat dan gizi mikro.

Buah-buahan

Buah-buahan ini juga terletak tepat diatas dasar piramida makanan diabetes bersama dengan kelompok sayuran.Buah-buahan kaya akan vitamin, mineral, serat dan juga karbohidrat.

Susu

Kelompok ini berada diatas lapisan kedua ( sayuran dan buah ) dari piramida makanan diabetes.Kelompok susu mengandung banyak protein dan kalsium serta vitamin banyak.Dari kategori susu pasien diabetes harus memilih produk susu dengan kadar lemak rendah.

Daging, Pengganti daging dan Protein lainnya

Kelompok ini bersama kelompok susu dalam piramida makanan diabetes mengandung protein dalam jumlah yang sangat tinggi dan mengandung vitamin serta mineral sangat banyak.

Lemak, Minyak, Manis, dan Alkohol

Kelompok makanan ini terdapat di puncak piramida makanan diabetes, yang menandakan bahwa kelompok makanan ini hanya boleh dikomsumsi sedikit oleh penderita diabetes dan sebaiknya dihindari.

Mengenal Piramida Makanan Diabetes Rating: 4.5 Diposkan Oleh: BASRI.D.S.Kep
 

Top