Diabetes dan Karbohidrat

Karbohidrat merupakan salah satu kemasan dari energi surya yang dipakai untuk mendukung semua kehidupan di bumi ini.Karbohidrat dibentuk melalui proses photosintesis, yaitu sebuah proses gabungan yang melibatkan berbagai unsur diantaranya air, kabondioksida dan pigmen hijau klorofil untuk menangkap energi surya.Hasil yang didapat adalah konfigurasi dari enam karbon yang dikenal dengan nama glukosa ( karbohidrat sederhana atau gula ).


Carbo artinya karbon dan hydrate artinya air.Karbohidrat secara hampir ekslusif hanya terdapat pada makanan nabati.Berdasarkan molekulnya komposisi karbohidrat dapat dibagi menjadi monosakarida, disakarida, oligosakarida , polysakarida.

Monosakarida terdiri dari satu unit gula dan disakarida terdiri dari dua unit gula yang dihubungkan menjadi satu ikatan, contohnya sukrosa, maltosa, dan laktosa.Oligosakarida terdiri dari 3 sampai dengan 9 molekul gula yang dihubungkan menjadi satu ikatan, contohnya seperti raffinose dan starchyose.Sementara itu polysakarida ( poli berarti banyak ) terdiri atas puluhan, ratusan, atau ribuan molekul gula yang dihubungkan menjadi satu.

Sistem pencernaan kita menangani semua karbohidrat dengan cara yang sama, semua dipecah menjadi glukosa.Darah menyerap glukosa dari usus dan tubuh menggunakannya sebagai energi.

Menurut jenisnya karbohidrat dapat dipecah menjadi dua .

Karbohidrat sederhana, menunjuk kepada gula termasuk glukosa dan fruktosa dari buah-buahan dan sayuran, laktose dari susu dan sukrosa dari tebu atau gula tebu.
Karbohidrat kompleks menunjuk kepada starch, juga termasuk cellulosa atau serat yang terdapat pada makanan nabati

Lalu Apa hubungan Karbohidrat dengan Kencing Manis ( Diabetes ) ?
Dari ulasan diatas, kita mendapatkan gambaran bahwa karbohidrat di dalam tubuh akan dipecah menjadi glukosa ( gula ) dan darah akan membawa glukosa ke seluruh tubuh kita dan diserap tubuh dan diolah menjadi sebagai energi.Sedangkan keseimbangan atau dengan kata lain jumlah glukosa yang dibutuhkan oleh tubuh kita akan dikendalikan oleh insulin yang dihasilkan pankreas.

Jadi tidak bisa atau hanya menghasilkan insulin sangat sedikit, maka kadar glukosa di dalam darah kita akan berkelebihan yang disebut dengan gula darah tinggi ( hyperglikemia ).Gula darah yang tinggi umumnya lebih dikenal dengan diabetes.

Karbohidrat merupakan sumber energi yang paling berlimpah dan ekonomis di dunia ini dan karbohidrat memberikan energi yang terbaik untuk berbagai fungsi tubuh manusia.Makanan penghasil energi bisa berasal dari karbohidrat, lemak, protein, tetapi karbohidrat tetap merupakan sumber energi yang terbaik.Bagi seorang penderita diabetes, harus menghindari makanan berkarbohidrat tinggi.

Penderita diabetes harus cermat memilih makanan yang akan dikomsumsi apakah mengandung karbohidrat tinggi atau tidak.Bahan makanan berkarbohidrat tinggi, misalnya gula, beras atau gandum, umbi-umbian, jagung dan sagu.Sementara makanan yang berkarbohidrat tinggi adalah roti, nasi, jagung, gandum, mie, bihun, kwetiaw, bubur, kentang, dan biskuit.Makanan dengan kandungan kadar karbohidrat hampir murni ( mendekati 100% ) adalah gula pasir, makin putih warna gulanya, makin tinggi kandungan karbohidratnya.

Sebetulnya semua jenis sayuran mengandung karbohidrat, tapi karena kandungan seratnya yang tinggi, maka sayuran dimasukkan kedalam makanan jenis karbohidrat rendah.Serat sendiri adalah jenis karbohidrat yang mengandung C, H dan O.Tetapi karena usus kita tidak bisa mencerna serat tumbuhan maka serat tersebut tidak bisa dicerna menjadi gula sederhana oleh usus manusia.Berbeda dengan ternak seperti sapi, domba, kambing atau kelinci, ususnya mempunyai enzim untuk mencerna serat tumbuhan menjadi gula sederhana.gula sederhana ( glukosa ) adalah sumber energi bagi tubuh mahluk hidup.( Dari berbagai sumber )