Temuan Baru Gen Diabetes di Asia Selatan

Dalam sebuah penelitian tentang diabetes oleh para ilmuwan ( Genome Wide Association Study ) telah melaporkan temuan terbaru yang berkaitan dengan pembawaan sifat atau gen diabetes yang telah dipublikasikan di Nature Genetics tertanggal 28 agustus 2011 yang lalu.Mereka melaporkan penemuan 6 gen baru yang ada hubungannya dengan diabetes dari hasil studi terhadap responden yang berasal dari keturunan Asia Selatan.


Sebagai gambaran bahwa parameter yang digunakan dalam studi tersebut adalah dengan mencari variasi dalam struktur genetik individu yang berasal dari populasi tertentu.Khususnya penduduk dari Asia selatan.Para peserta penelitian berjumlah kurang lebih 58.587 orang yang juga berasala dari 6 Negara yang berbeda seperti India, Srilanka, Pakistan, Mauritius dan Singapura.

Dalam studi tersebut dapat ditari kesimpulan bahwa penduduk Asia selatan mempunya kecendrungan atau resiko empat kali lebih besar untuk terkena diabetes tipe 2.hal ini dibuktikan dengan meningkatnya kadar gula darah.

Secara menyeluruh dapat di dilaporkan bahwa diabetes tipe 2 diderita 55 juta penduduk dari Asia Selatan dan diramalkan 20 tahun kedepan akan meningkat menjadi 80 juta orang penduduk Asia selatan menderita diabetes tipe 2, angka yang cukup mengkhawatirkan.


Pimpinan Proyek, Viswanathan Mohan, memberikan sedikit harapan dengan mengatakan " bahwa gen diabetes yang telah ditemukan dapat membantu dalam terapi masa untuk mengelola, bahkan menyembuhkan penyakit diabetes " Mohan juga menambahkan " studi tersebut juga masih membutuhkan waktu beberapa tahun kedepan ".Sementara itu, tes sederhana dapat dikembangkan untuk membantu menilai resiko diabetes guna membantu para profesional medis dalam menanganai pasien diabetes.

Dari studi tersebut telah mengembangkan Skor Diabetes di India .dalam tes ini kerentanan genetik individu dari diet, riwayat keluarga, bahkan gaya hidup dapat membantu memberikan kecendrungan seseorang menderita diabetes tipe 2.

Mudah-mudahan dengan perkembangan Ilmu yang begitu pesatnya, serta studi-studi kasus yang berkelanjutan pada akhirnya akan membuahkan hasil yang memuaskan sehingga dapat memberikan kontribusi yang sebesar-besarnya dalam pengobatan penyakit diabetes. baca juga : obat diabetes alami

Semoga artikel " Temuan Baru Gen Diabetes di Asia Selatan " dapat memberikan wawasan positif bagi kita semua.

Keep Your Healthy