Hal Yang Perlu Diketahui Penderita Diabetes Saat Naik Pesawat Terbang

Hal Yang Perlu Diketahui Penderita Diabetes Saat Naik PesawatTerbang - Menggunakan transportasi udara dengan pesawat terbang saat bepergian, menjadi alternatif yang banyak digunakan orang saat ini, selain untuk menghindari kemacetan di daerah-daerah padat, dan yang pasti tidak memerlukan waktu yang lama untuk sampai ketujuan, walaupun biaya yang dikeluarkan mungkin lebih mahal bila dibandingkan dengan menggunakan sarana transportasi lainnya.

Bagaimana halnya bagi penderita diabetes saat bepergian dengan transportasi udara ( pesawat terbang ) ? seperti kita ketahui bahwa penderitadiabetes biasanya sangat tergantung dengan obat-obatan atau insulin atau mungkin alat bantu khusus, tentunya tools ini harus ada kemanapun mereka pergi, termasuk ketika sedang bepergian dengan menggunakan pesawat terbang.Kabar buruknya setiap penumpang ketika mulai dibandara sampai ketika naik pewasat, harus melalui pemeriksaan yang begitu ketat dengan metal detektor, tentunya hal ini membuat ribet, karena tools yang dibawa penderita diabetes banyak yang terbuat dari logam yang akan terdeteksi dengan metal detector yang digunakan oleh petugas bandara, kalau sudah begini, pasti bikin ribet bukan ?

Gambar : Pesawat Terbang
Berikut ini kita akan berbagi pengalaman dan tips agar masalah-masalah seperti yang telah disebutkan diatas, tidak akan mengganggu keamanan dan kenyamanan para penderita diabetes ketika bepergian dengan menggunakan pesawat terbang.

Tips Saat di Bandara Untuk Penderita Diabetes Type 1

Penderita diabetes tipe ini biasanya selalu membawa alat bantu seperti : jarum suntik, pompa insulin, pena insulin, insulin, alat test gula darah, test strip, alkohol, batere yang yang biasanya disimpan didalam satu boks.Nah peralatan diatas pastinya akan menimbulkan pemeriksaan di bandara, karena sesuai peraturan yang berlaku di bandara, penumpang tidak boleh membawa senjata tajam ( jarum suntik masuk dalam kategori ini ) dan cairan khusus seperti alkohol.

Untuk yang menggunakan pompa insulin yang diletakkan di tubuhnya, akan terdeteksi dengan metal detektor.BERHATI-HATILAH ! Karena biasanya petugas bandara mungkin akan mengambil tindakan mencabut pompa insulin, yang tentu saja akan sangat berbahaya bagi kesehatan penderita diabetes type 1 .

Jadi sangatlah disarankan bagi penngguna pompa insulin untuk segera melaporkan penggunaan alat bantu tersebut kepada petugas bandara dan menjelaskan kepada petugas bahwa Anda sangat memerlukan asupan insulin dengan alat tersebut.Mintalah petugas keamanan bandara untuk melakukan prosedur dan pemeriksaan lainnya untuk memastikan bahwa Anda aman sebagai salah satu penumpang pesawat tersebut.

Prosedur pemeriksaan khusus bisa berupa pemeriksaan tertutup didalam ruangan untuk melihat alat pompa insulin yang anda pakai oleh petugas keamanan atau dengan petugas medis khsusus bandara.

Tips Saat di Bandara Untuk Penderita Diabetes Type 2

Hambatan yang dialami oleh penderita diabetes type 2  tidak serempong seperti yang dialami oleh penderita diabetes type 1, mengapa demikian ? ya, karena pada umumnya penderita diabetes type2 biasanya hanya membawa alat bantu seperti obat-obatan, alat tes gula darah, dan alkohol, khusus untuk penderita diabetes type2 kronis mungkin perlu membawa pena insulin, jarum suntik, yang juga diletakkan dalam subuah koper dan akan diperiksa dengan sinar-X ( perlu anda ingat bahwa jarum suntik dilarang karena termasuk kategori senjata tajam, alkohol juga caiaran yang dilarang ).

Tips Khusus

Bila Anda termasuk salah satu penderita yang sering mengalami hypoglikemia ( kadar gula rendah ) disarankan untuk melaporkan kepada petugas kalau Anda sering mengalami kadar gula rendah ( hypoglikemia ) atau mungkin Anda perlu membawa permen karet dalam perjalanan Anda.

Bagaimana sobat, Cukup mudah bukan ? yang pastinya jika Anda mempersiapkan diri dengan baik dan mengikuti tips-tips diatas, dijamin perjalanan Anda akan aman dan menyenangkan dan tidak bikin ribet.Semoga artikel " HalYang Perlu Diketahui Penderita Diabetes Saat Naik Pesawat Terbang " bermanfaat buat kita semua.
Keep Your Healthy