Pare – Obat Alami Untuk Penyakit Diabetes Mellitus

Pare – Obat Alami Untuk Penyakit Diabetes Mellitus - Pasti Anda sudah mengetahui bahwa pare memiliki banyak khasiat dan manfaat terhadap kesehatan, satu diantaranya mampu mengontrol penyakit diabetes mellitus. Kandungan senyawa polipeptida yang sangat mirip dengan insulin mempunyai tugas penting untuk menurunkan glukosa darah secara langsung ( direct ), kandungan lain seperti senyawa alkaloid juga memilki peranan yang sama. Nah, tentunya banyak juga manfaat lainnya seperti menghambat virus dan kanker secara invitro.

Tanaman obat alami pare, merupakan jenis tumbuhan merambat, buahnya berbintil-bintil, dan ada juga yang tidak berbintil-bintil, bentuk panjang yang disebut pare ulo ( pare ular ), pare ular banyak di gunakan sebagai sayur untuk lauk-pauk. Karena rasanya yang pahit inilah buah pare banyak diyakini memiliki khasiat sebagai tanaman obat dan sebagai oat alami untuk penyakit diabetes.

Zat karatin pada pare berkhasiat menurunkan kadar gula darah, yang terdiri dari senyawa sepsin steroid yang memiliki khasiat lebih kauat dari tobutamida, zat ini mempunyai peranan menstimulasi sel-sel b sehingga meningkatkan produksi insulin, peningkatan produksi insulin oleh sel-sel beta ( b ) kelenjar pankreas akan memperkuat khasiat hipoglikemik dari buah pare.

Kandungan zat karatin yang teridir atas senyawa sepsin steroid ternyata khasiatnya lebih kuat dari tobutamida, dimana zat ini berfungsi menstimulasi sel-sela beta ( b ) meningkatkan produksi insulin, sehingga efek hipoglikemik buah pare semakin kuat.

Cara Penggunaan :

  • Ambil kurang lebih 200 gram buah pare yang telah dicuci bersih, kemudian dilumatkan ( di blender ), kemudian peras dengan menggunakan sepotong kain, sampai airnya terkumpul di gelas. Setelah itu panaskan perasan dengan api kecil selama 15-30 menit. setelah dingin dapat diminum setiap hari
  • 200 gram buah pare dicuci hingga bersih, kemudian diiris-iris tipis. Rebus dengan air bersih sampai tersisa kira-kira 1 gelas, jangan lupa disaring airnya, setelah dingin dapat diminum setiap hari,
Demikian beberapa penjelasan tentang manfaat dan khasiat obat alami pare untuk para diabetesi, semoga informasinya bermanfaat.