Tips Merawat Kulit Pasien Diabetes Melitus

Tips Merawat Kulit Pasien Diabetes Melitus - Penderita diabetes umumnya sering mengalami gangguan kulit, mulai dari yang ringan sampai yang berat ( gangren ), hal ini tentu menjadi momok bagi penderita diabetes dan keluarganya, tentu dibutuhkan perlakukan khusus bagi kulit para penderita DM untuk mencegah terjadinya gangguan yang serius pada kulit.

Nah berikut ini ada beberapa tips singkat , seputar cara merawat kulit penderita diabetes yang cenderung kering dan gatal.
  • Usahakan kulit tetap bersih dan kering. Kulit yang sering lembab, terutama pada area-area lipatan sering mengalami iritasi, mudah terinfeksi jamur atau bakteri.
  • Hindari mandi dengan air yang terlalu panas dan mandi dengan berendam, karena kebiasaan ini cenderung membuat kulit kering, sehingga timbul gatal.
  • Gunakan sabun yang lembut ( sabun bayi ), setelah mandi gunakan pelembab keseluruh tubuh, keculai pada daerah-daerah lipatan dan sela-sela jari kaki Anda, karena menggunakan pelembab pada daerah yang tertutup bisa menyebabkan infeksi.
Jika masalah kulit Anda tidak kunjung sembuh, sebaiknya lakukan konsultasi dengan dokter kulit dan kelamin.