5 Jenis Teh Untuk Penderita Diabetes

Anda suka minum teh? Kabar baiknya, ternyata teh memiliki khasiat untuk penyakit diabetes. Nah, tentu ini akan menjadi informasi yang berharga bagi Anda yang saat ini memang memiliki penyakit diabetes
5 Jenis Teh Untuk Penderita Diabetes -  Anda suka minum teh? Kabar baiknya, ternyata teh memiliki khasiat untuk penyakit diabetes. Nah, tentu ini akan menjadi informasi yang berharga bagi Anda yang saat ini memang memiliki penyakit diabetes. Seseorang dengan penyakit diabetes maka di dalam tubuhnya terdapat kandungan gula yang sangat tinggi. Jika kadar glukosa tersebut tidak dinormalkan maka bukan tidak mungkin bisa menimbulkan komplikasi penyakit lainnya. Oleh sebab itu, orang dengan penyakit diabetes harus selektif ketika memilih jenis makanan maupun minuman yang akan dikonsumsi. Karena ketika salah pilih atau terkesan abai dengan hal tersebut bisa mengakibatkan masalah lain misalnya kelelahan, vertigo maupun mudah sekali pingsan. Alhasil aktifitas pun terganggu.

Minuman yang dikonsumsi pun sebaiknya tidak menggunakan gula. Atau jika menggunakan gula maka yang dipakai adalah gula non kalori. Salah satu jenis minuman yang memiliki manfaat bagi penderita diabetes adalah teh. Minuman teh ada beragam jenisnya. Dan berikut ini dia 5 Jenis Teh Untuk Penderita Diabetes:

1. Teh Hitam. Teh hitam paling mudah ditemui di pasaran. Harganya pun relatif terjangkau dan sudah menjadi konsumsi harian masyarakat pada umumnya. Teh ini memiliki kandungan flavonoid. Kandungan ini baik untuk penderita diabetes karena mampu mengontrol kadar gula darah. Tentu saja yang dikonsumsi adalah teh yang diseduh dengan air panas langsung dan tanpa tambahan gula. Selain itu bukan teh kemasan siap minum yang mudah ditemui di pasaran. Karena teh kemasan sudah pasti memiliki kandungan gula yang sangat tinggi. Justru sangat berbahaya bagi penderita diabetes yang mengonsumsinya.

2. Teh Hijau. Teh ini juga termasuk mudah ditemui meskipun yang mengonsumsinya tidak sebanyak teh hitam. Kandungan polifenol pada teh hijau dipercaya mampu membantu meringankan gejala diabetes. Sehingga konsumsi rutin teh hijau mampu menurunkan risiko terkena diabetes. Selain itu kandungan antioksidan pada teh hijau juga mampu menjaga kesehatan tubuh.

3. Teh Licorice. Teh licorice memang tidak mudah ditemui. Namun teh ini sangat baik untuk penderita diabetes. Apalagi pada beberapa kasus yang dialami penderita diabetes, tidak sedikit yang mengalami masalah penglihatan. Mulai dari katarak maupun glaukoma. Nah, teh licorice disebutkan mampu meredakan penyakit katarak.

4. Teh Dandelion. Teh dandelion memiliki kandungan yang mampu membuat gula darah dalam tubuh lebih stabil. Hanya saja, ada baiknya mengonsultasikan pada dokter maupun ahli kesehatan yang memang paham mengenai hal ini. Pasalnya dandelion juga bisa menimbulkan diare dan membuat kulit ruam.

5. Teh Campuran. Teh ini terbuat dari campuran bahan herbal seperti licorice, dandelion dan lainnya. Dimana ketika bahan-bahan tersebut diseduh dengan air panas lalu dikonsumsi penderita diabetes maka dikatakan mampu menurunkan efek samping penyakit diabetes.

Jika Anda ragu-ragu, teh mana yang sebaiknya dikonsumsi maka disarankan teh hitam atau teh hijau saja yang pada dasarnya paling mudah ditemui dan harganya juga murah. Apalagi kedua teh tersebut juga sudah menjadi konsumsi harian masyarakat. Hanya saja, mungkin Anda perlu mengganti kebiasaan mengonsumsi teh manis menjadi teh tawar. Sehingga ke 5 Jenis Teh Untuk Penderita Diabetes tersebut benar-benar efektif untuk menjaga kadar gula dalam tubuh Anda.