-->

Sunday 15 December 2013

Herba Bungur Terapi Alternatif Penyakit Kencing Manis

Bungur ( lagerstromia speciosa ) adalah tanaman berbentuk pohon yang tingginya mencapai 5-25 m. Batangnya umumnya bengkok, demikian juga dengan percabangannya. Daunnya berbentuk jorong dengan panjang 24 cm dan lebarnya 12 cm. Bunganya berbentuk malai yang panjangnya  mencapai 40 cm, berwarna ungu. Umumnya, tanaman ini banyak dijumpai sebagai peneduh jalan.

Selain jenis diatas, ada pula bungur yang bunganya berwarna merah muda, yaitu sejenis langersromica indiana. Daun dan buah bungur mengandung plantisul, yaitu zat yang aktivitasnya seperti insulin. Menurut hasil penelitian, daun bungur yang sudah tua sebanyak 20 g. Jika direbus dalam 200 ml air selama 45 menit dan diminum, memiliki kekuatan 6 – 6,7 unti insulin.

Sebenarnya, seluruh tanaman bungur bisa digunakan untuk obat kencing manis, tetapi yang terbaik adalah daunnya yang sudah tua.

Cara Membuat Ramuan dari Herbal Bungur

  • Siapkan 30 g daun bungur tua yang masih segar dari jenis bungur yang berbunga ungu, lalu direbus dalam 150 ml air selama kurang lebih 1 jam.
  • Air rebusannya itu kemudian di bagi tiga untuk diminum tiga kali sehari.
  • Meminumnya sebaiknya setengan atau satu jam sebelum makan. Ini dilakukan tiap hari sampai penyakit kencing manisnya sembuh.

Herba Bungur Terapi Alternatif Penyakit Kencing Manis Rating: 4.5 Diposkan Oleh: BASRI.D.S.Kep
 

Top