Benarkah Diabetes Bisa Dideteksi Melalui Gimul ?

Benarkah Diabetes Bisa Dideteksi Melalui Gigi dan Mulut ? Secara umum  mengetahui seseorang menderita diabetes bia dilihat dari tanda dan gejala yang muncul kemudian dikuatkan dengan hasil pemeriksaan kadar gula darah.


Ternyata ada cara yang mudah dan sederhana untuk melihat salah satu tanda dan gejala diabetes melalui pemeriksaan mulut, bagaimana caranya ? Kesehatan mulut yang buruk selain disebabkan oleh personal hygiene yang buruk ternyata juga dapat dipicu penyakit diabetes sebagai manifestasi meningkatnya kadar gula darah, mari kita lihat satu persatu :

Pembusukan Gigi

Mulut kering bisa jadi merupakan salah satu tanda diabetes, mengapa ? karena peningkatan kadar gula darah biasanya mengakibatkan produksi air liur oleh kelenjar penghasil air liur, akibatnya bisa menyebabkan peradangan gusi dan pembusukan gusi.

Kerusakan Gigi

Peningkatan kadar gula darah akan memperburuk kesehatan dan menyebabkan kerusakan gigi, karena bakteri dalam mulut biasanya lebih cepat berinteraksi dengan makanan manis sehingga menyebabkan terbentuknya plak gigi.

Infeksi Jamur

Tingginya kadar glukosa dalam air liur dapat memicu pertumbuhan jamur yang menjadi penyebab infeksi pada mulut dan gusi yang akan berkembang menjadi luka.dan jamur dapat menyebabkan luka pada mulut.

Demikian beberapa hal yang perlu diketahui guna meningkatkan kemampuan mengenali tanda-dan gejala diabetes melalui pengamatan dan pemeriksaan mulut.
Best Regards