5 Rahasia Menu Makanan Sehat

5 Rahasia Menu Makanan Sehat - Sebenarnya kebiasaan makan sehat atau prinsip makan sehat bisa kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari, tidak sesulit dan seketat yang kita bayangkan.kunci dari menu makanan sehat adalah makanan yang " berwarna ", maksudnya adalah semakin banyak macam makanan yang kita makan akan semakin baik, mengapa demikian ? hal ini penting karena makanan yang berbeda memberikan asupan gizi yang berbeda pula.


Prinsip kedua menu makanan sehat adalah buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, dan biji-bijian, makanan tinggi karbohidrat kompleks, vitamin, serat, dan mineral, rendah lemak, dan bebas dari kolesterol, harus menjaga sebagian besar kalori yang Anda komsumsi.Anda juga bisa mengomsumsi unggas atau ikan, karena unggas dan ikan memiliki kandungan lemak yang rendah.

Prinsip ketiga, yaitu dengan menjaga keseimbangan antara asupan kalori dan pengeluaran kalori Anda.Jadi, cara yang efektif adalah dengan tidak makan lebih dari jumlah kalori yang Anda perlukan setiap hari.Hal ini disebabkan karena bila kalori yang masuk berlebihan maka kalori yang tidak terpakai itu bisa menjadi lemak dalam tubuh Anda.Jika anda adalah orang yang akitif ( selalu bekerja  ) maka Anda bisa makan banyak, karena pengeluaran kalori Anda juga besar.

Untuk mengikuti ketiga prinsip tersebut, Anda tidak harus untuk menahan makanan kesukaan.Karena, bila Anda sudah makan dengan seimbang serta nutrisi dan serat cukup, rasanya tidak masalah bila Anda makan makanan yang lezat seperti fastfood.Pastikan untuk membatasi seberapa sering Anda makan makanan tersebut, dan coba meminimalisir jenis makanan tersebut.

Para ahli dan praktisi kesehatan menyarankan kepada orang yang ingin diet untuk makan makanan sehat seperti sayuran, biji-bijian, dan buah-buahan.Satu hal lagi, menu makanan sehat itu juga tidak harus makanan yang tidak enak, atau tidak menarik.

Ada 5 Menu Makanan Sehat Setiap Hari :

  • Makan banyak makanan tinggi serat yaitu buah-buahan, sayur, kacang-kacangan, dan gandum.Sebab makanan ini merupakan sumber karbohidrat yang baik dan bergizi dan juga rendah kalori.Makanan-makanan ini bisa memberikan 20-30 gram sera setiap hari kepada tubuh Anda yang berfungsi untuk mencegah penyakit kencing manis ( diabetes ) yang disebabkan karena penyerapan karbohidrat yang tinggi.Makanan-makanan seprti itu juga menyediakan mineral dan vitamin yang penting bagi tubuh.
  • Pastikan untuk menyertakan buah-buahan dan sayuran hijau, oranye, kuning, seperti brokoli, wortel, melon, dan buah jeruk.Sebab, nutrisi yang terdapat dalam buah-buahan bisa membantu Anda untuk membunuh bakteri-bakteri penyebab kanker dan penyakit lainnya.kalau bisa makanlah 5 porsi buah setiap hari.
  • batasi komsumsi makanan manis, produk olahan gandum seperti roti putiih, dan makanan ringan asin.Berat Anda bisa bertambah hingga 16 pound setahun hanya dengan minum 1 kaleng soda.Beberapa makanan manis juga mengandung lemak yang tinggi dallam rupa kalori padat.
  • Kurangi lemak hewan.Lemak jenuh pada hewan itu sangat tinggi sehingga kolesterol dalam darah akan meningkat.hal ini bisa membahayakan tubuh kita.Pilih daging tanpa lemak, unggas tanpa kulit, dan produk tanpa lemak atau rendah lemak atau tanpa lemak susu.
  • Lemak trans juga harus dikurangi.Lemak transi ini biasanya digunakan pada makanan olahan yang dijual di supermarket dan juga makanan cepat saji.

Demikianlah dari prinsip-prinsip dari menu makan sehat, semoga bisa membuat Anda semakin sehat, lebih baik dan ebih bijaksana dalam memilih makanan yang baik untuk tubuh Anda.