Benarkah Kebiasaan Begadang dapat memicu Diabetes ?

Pedoman Diabetes - Semua orang mungkin pernah begadang, Apakah karena alasan pekerjaan yang menuntut deadline secepatnya, atau hanya karena alasan " just for fun " mungkin ingin kumpul-kumpul sama teman.Apapun alasannya, kebiasaan begadang jika dilakukan terus menerus ternyata membawa banyak dampak yang kurang baik bagi kesehatan Anda, salah satunya kebiasaan begadang dapat memicu penyakit diabetes, benarkah demikian ? simak juga : obat diabetes alami

Sebuah riset yang dilakukan oleh University Of Chicago menunjukkan bahwa kebiasaan begadang yang dilakukan minimal 3 hari berturut-turut dapat mengakibatkan ketidak seimbangan sekresi insulin, sehingga gula yang seharusnya di ubah menjadi energi hanya menumpuk didalam tubuh, jika keadaan ini terus berlangsung terus menerus akan mengakibatkan peningkatan kadar gula dalam darah melebihi normal, maka dapat memicu terjadinya penyakit diabetes.


Kemudian beberapa penelitian lainnya yang dilakukan  profesor Philippe Forguel dan Imperial London, Inggris juga menguatkan bahwa kurang tidur dapat memicu penyakit diabetes dan jantung, oleh karena kontrol gula darah merupakan salah satu dari banyak proses yang diatur dari jam biologis tubuh salah satunya adalah tidur.

Jadi bisa disimpulkan bahwa kurang tidur dapat menyebabkan terganggunya kontrol gula dalam darah, nah disamping itu ada beberapa dampak negatif dari kebiasaan begadang yang sering Anda lakukan, diantaranya :

Terganggunya Daya Konsentrasi

Yang harus Anda sadari bahwa kurangnya jam tidur dapat menyebabkan menurunnya daya konsentrasi Anda, bahkan anda bisa saja menjadi blank, dengan demikian akan mengganggu segala aktivitas dan produktivitas Anda sehari-hari.

Daya Tahan Tubuh Menurun

Kurangnya jam tidur biasanya menyebabkan daya tahan tubuh kita menurun sehingga sangat rentan dengan berbagai infeksi, karena beberapa penelitian jiga menunjukkan bahwa orang yang istirahatnya cukup auto imunnya lebih baik jika dibandingkan dengan orang yang kurang tidur ( sering begadang ).

Sangat Mudah Stres

Meningkatnya hormon kortisol ( hormon stres ) dipicu apabila jam tidur kita kurang dari 7 jam dalam sehari, sehingga jika Anda kurang istirahat pasti mudah sekali mengalami stres.

Bagaimana menurut Anda ? apapun alasannya, tetap melakukan kebiasaan begadang atau menguranginya itu adalah pilihan Anda, tetapi ada pepatah yang  mengatakan " lebih baik mencegah dari pada mengobati " pastikan Anda bijak menyikapinya - Keep Your Health.